Membuat Posting

Salah satu tujuan utama memiliki blog adalah untuk memublikasikan pemikiran-pemikiran, opini, ungkapan perasaan, dan bentuk tulisan positif lainnya, agar dapat dilihat dan dibaca oleh banyak orang. Tulisan-tulisan tersebut dapat bersifat orisinil atau diambil dari sumber lain. Proses memublikasikan tulisan tersebut disebut posting. Ohh! Bagaimana caranya?

Masuk atau Sign in terlebih dahulu ke blog Anda melalui proses Sign in. Anda kemudian akan berada pada halaman dashboard seperti berikut:


Klik tomblo Posting, sehingga Anda akan dibawa ke halaman sebagai berikut :


Pada kotak dialog  Title atau Judul, Anda diminta untuk menuliskan judul posting atau tulisan yang akan Anda publikasikan. Kemudian pada halaman yang disediakan, Anda dapat memulai menulis posting sepanjang Anda suka. Jika sudah memiliki bahan tulisan sebelumnya, Anda diperkenankan untuk mengcopy-paste ke dalam halaman ini.

Proses menulis posting hampir sama dengan proses Anda menulis dengan pengolah kata, misalnya dengan Microsoft Word. Anda juga dapat melakukan edit dengan tombol-tombol standar yang disediakan, bahkan bisa pula menyisipkan gambar. Hmm... sangat mudah!

Pada kotak dialog Labels yang terletak di sudut kanan bawah, dapat diisikan label sebagai inisial tulisan Anda. Misalnya tulisan yang bersifat kritik sosial dan masalah kemiskinan dapat diberi label sosial.

Jika sudah selesai menulis, diperiksa kembali agar tidak ada kesalahan tulisan. Hal ini perlu, karena tulisan Anda akan dibaca oleh banyak orang. Jika sudah benar, maka tulisan Anda siap di publikasikan. Klik tombol PUBLISH POST atau PUBLIKASIKAN. Tapi, jika masih ragu-ragu, simpan saja terlebih dahulu dengan cara klik tombol SAVE NOW atau SIMPAN SEKARANG.

Jika Anda klik PUBLIKASIKAN maka akan muncul halaman berikut :

Anda diberitahu bahwa tulisan Anda telah sukses dipublikasikan. Jika ingin melihat seperti apa perwajahan blog kita setelah dimuat dengan tulisan atau post, klik View Blog untuk melihat pada jendela yang sama, atau klik (in a new window) jika ingin melihat pada jendela lain.

Hati-hati! Tulisan Anda akan dibaca orang lain, mereka akan memberi komentar! Ikuti terus perkembangannya melalui tutorial ini

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger templates Tutorial Update Template by Ourblogtemplates.com 2009 ALFmalik

Kembali ke: ATAS