Edit Tampilan Dengan HTML

Tidak pernah ada kata puas dalam penampilan sebuah blog. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, karena blog itu ibarat sebuah rumah, maka selalu saja ada bahagian yang perlu di renovasi, direhabilitasi, direstorasi dan diutak-atik oleh pemiliknya. Tujuannya hanya satu, agar blog kelihatan aman, nyaman, keren dan cool. Mau merenovasi blog?

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pemilik blog untuk merubah penampilan blognya. Cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan fungsi edit yang disediakan secara instan oleh Blogger. Akan tetapi, adakalanya perubahan yang diinginkan oleh pemilik tidak tersedia dalam opsi layanan. Sehingga perlu dilakukan dengan cara sendiri oleh pemilik.

Biasanya, ketika berkunjung ke blog lain, Anda terkagum-kagum melihat penampilan, asesoris dan penataan blog yang begitu bagus. Anda lalu berusaha mengutak-atik blog Anda, dengan harapan bisa tampil lebih baik. Tapi Anda tidak menemukan apa yang Anda cari, tidak tahu apa yang harus direnovasi. Setelah berulang kali mencoba, hasilnya tidak seperti yang Anda harapkan, Kenapa?

Untuk merenovasi blog dengan cara yang tidak disediakan secara instan oleg Blogger, Anda harus memiliki sedikit pengetahuan dasar tentang HTML. HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa yang dipergunakan untuk membangun sebuah blog.

Harus Anda ketahui bahwa penampilan sebuah blog yang sangat indah, sesungguhnya dibangun dengan HTML yang diapit oleh sepasang tag, yaitu tag pembuka dengan simbol lebih kecil dan lebih besar <...> dan tag penutup dengan simbol lebih kecil diikuti garis miring dan tanda lebih besar </...> Tanpa kombinasi kedua pasang tag tersebut maka kode HTML tidak akan berfungsi.

Berikut ini contoh sebuah HTML :
<div align-text="center"> ......tulis sesuatu di sini..... </div>
Dengan kode sederhana seperti itu, semua tulisan yang ditulis di antara kedua pasang tag tersebut akan menjadi rata tengah. Bila ingin merubah menjadi rata kiri atau kanan hanya perlu mengganti kata center menjadi left atau right.

Kalau ingin melihat kode HTML yang membangun struktur template blog Anda, coba klik kanan mouse pada halaman blog Anda, lalu pilih Lihat sumber laman. Pastikan bahwa anda akan melihat sebuah jendela yang menampilkan ribuan atau bahkan jutaan kode. Semua kode itu berada diantara sepasang tag seperti yang dijelaskan di atas. Bila Anda mencoba menghapus salah satu saja dari tag yang ada, maka secara mengejutkan penampilan blog Anda akan berantakan.

Saya menyarankan agar Anda mempelajari teknik dasar HTML yang bisa dipelajari melalui buku-buku atau diunduh melalui internet, sebelum melakukan renovasi template blog Anda. Agar Anda tahu segala resiko dan bentuk perubahan yang terjadi setiap kali melakukan edit HTML. HTML sangat mudah untuk dipahami karena ia bukan bahasa pemograman, tidak memerlukan logika dan mudah diedit.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger templates Tutorial Update Template by Ourblogtemplates.com 2009 ALFmalik

Kembali ke: ATAS