Kenali Struktur Template Blog Anda

Template Blog yang disediakan secara cuma-cuma oleh penyedia layanan blog sebenarnya memiliki design yang lumayan bagus. Tetapi, sebagaimana yang diuraikan pada tutorial sebelumnya, selalu saja tidak pernah ada kepuasan bagi pemilik blog terhadap tampilan blognya. Mata memang tidak bisa berbohong. Hanya ada satu cara untuk bisa tampil beda, yaitu tingkatkan performa! Untuk kepentingan itu, Anda perlu mengenali struktur template blog Anda.

Penampilan blog yang berbeda antara satu dengan lainnya disebabkan oleh perbedaan struktur template yang membentuk halaman blog. Namun secara umum, struktur dasar setiap blog adalah sama, yaitu terdiri dari header, footer, dan content. Pengembangan template dari struktur dasar akan serta merta merobah penampilan blog Anda. Jadi, semakin inovatif akan semakin hebat penampilan blognya.

Mari kita amati struktur dasar template yang diilustrasikan sebagai berikut :



Kita mulai dari struktur yang terbesar!

  1. Body : adalah tempat meletakkan seluruh bahagian dari struktur template. Jika diibaratkan template sebagai sebuah rumah, maka body adalah seluruh tanah yang dimiliki, dimana kita bisa membangun apa saja yang kita inginkan di atasnya. Body biasanya akan memenuhi layar komputer anda.
  2. Outer-wrapper: adalah sekat atau dinding yang harus terletak di dalam lingkup body, mengelilingi seluruh bahagian utama template. Outer-wrapper tak ubahnya seperti dinding-dinding rumah yang membentuk ruang-ruang utama. Jadi, outer-wrapper adalah dinding atau sekat yang membatasi antara header, content (isi blog), dan footer.
  3. Header: adalah bagian paling atas blog Anda. Istilah header sudah sangat lazim dan umum kita gunakan untuk menempatkan identitas. Misalnya tempat menempatkan judul, kop surat kantor atau perusahaan, menempatkan nama koran, dan lain-lainnya. Di dalam Header Anda masih diperbolehkan memiliki sub-sub blok yang bisa ditempai oleh Judul Blog, Diskripsi Blog, Menu Bar, Banner dan Gambar. Jadi, header ini mungkin sebagai lobby utama sebuah hotel bagi blog Anda.
  4. Content : terletak di bawah header, dikelilingi oleh dinding yang disebut content-wrapper. Di dalam ruangan ini Anda bisa menempatkan posting sebagai kandungan utama blog Anda. Disamping posting, Content dapat Anda bagi-bagi menjadi ruangan yang lebih kecil yang disebut Sidebar. Dinding atau sekat pembatas dalam Content disebut content-wrapper. Sidebar dapat diisi dengan apa saja baik yang disediakan secara standar oleh penyedia layanan atau diinput sendiri, termasuk iklan-iklan dan lain-lain bentuk promosi.
  5. Footer: adalah bagian paling bawah dari template Blog Anda. Footer dikelilingi oleh dinding atau sekat pembatas outer-wrapper. Sama seperti pada bagian Header, Footer juga dibagi kedalam beberapa ruang.
  6. Main : main-wrapper merupakan pembatas atau dinding yang terletak pada bahagian utama di dalam content-wrapper. Bahagian dalam dari main-wrapper bersisi blog posting, komentar pengunjung untuk isi posting, tanggal posting dan widget lain yang bisa ditambahkan.
  7. Sidebar : adalah ruangan yang dapat dipergunakan untuk menempatkan berbagai asesories seperti widget dari pihak ketiga. Isi utama dari sidebar adalah : Tentang saya, Label, Arsip, Teks, HTML, Adsense, dan lain-lain standar template Blogger. Kebanyakan template standar hanya menyediakan satu sidebar. Inilah yang menyebabkan mengapa template standar berpenampilan kurang menarik. Tapi pada tutorial berikutnya Anda dapat mengganti template Anda dengan template yang memiliki sidebar lebih dari satu.
  8. Blog Post: bahagian ini berisi unsur-unsur sangat penting, seperti Judul Posting, Isi Posting, Nama Penulis Posting, Label dan lain-lain yang terkait dengan postingan.
Setelah Anda memahami struktur dasar ini, maka selanjutnya akan diperkenalkan kode HTML dan CSS yang membentuk struktur template.

2 comments:

myspaceblog July 26, 2009 at 9:49 AM  

saya awam banget tentang website, baca ini jadi tau, makasih artikelnya ya

Unknown February 3, 2015 at 11:58 AM  

terimakasih banyak sob, tutorialnya sangat membantu...

http://herbalkuacemaxs.com/

Post a Comment

  © Blogger templates Tutorial Update Template by Ourblogtemplates.com 2009 ALFmalik

Kembali ke: ATAS